Laman

Monday, April 16, 2012

Langkah #1 Riset Kata Kunci

Banner 468x60

Tentukan topic produk/website Anda
Anda dapat membuat website mengenai hal-hal yang Anda sukai dan Anda kuasai, atau membuat website mengenai sesuatu yang ingin Anda pelajari dan menjadi ahli di bidangnya. Anda pasti merupakan seorang ahli di dalam satu hal. Apakah Anda tahu bahwa pengetahuan ini bisa berguna bagi orang lain? Salah satunya untuk memulai menulis tentang sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain adalah dengan membuat blog. Atau bila Anda memang sudah memiliki keahlian tertentu yang dijual, pastinya Anda ingin memulai suatu website dengan topik seputar keahlian Anda dan mendapatkan uang. Berikutnya pertanyaannya adalah:

Apakah orang-orang mencari topik yang akan Anda suguhkan di blog atau website Anda?
Sebelum Anda membuat website, Anda harus mengetahui berapa banyak orang yang tertarik mengenai apa yang akan Anda tulis di website Anda.

Brainstorming Topik
Brainstorming mengenai topik bisa mudah Anda lakukan di Google. Setiap kali orang mencari sesuatu di Google, maka Google akan menyimpannya di database. Karena inilah Google mengetahui secara tepat apa yang dicari orang dan berapa banyak pencarinya.
Informasi ini sangatlah penting untuk Anda. Karena dengan informasi ini, Anda dapat mengetahui apa yang orang-orang inginkan. Google sebaliknya ingin membantu Anda. Mereka bahkan membuat sebuah website khusus untuk diberikan kepada Anda sebagai alat bantu untuk mengetahui informasi ini, yaitu Keyword Tool. Tulis segala hal yang berhubungan dengan topik Anda, dan bila Anda sudah kehabisan ide, maka saatnya untuk meminta bantuan Google.

Bagaimana Menggunakan Keyword Tool Untuk Mencari Topik

Berikut ini adalah cara yang paling mudah untuk menggunakan Google Keyword Tool:
1. Browsing ke https://adwords.Google.com/select/KeywordToolExternal
2. Masukkan kata kunci yang telah Anda tulis pada waktu brainstorming, misalnya: cat
3. Klik tombol Search









Anda akan mendapatkan ide kata kunci yang berhubungan dengan kucing (cat) di bagian bawah:












Perhatikan bahwa Anda hanya mendapatkan 100 kata kunci saja bila Anda belum mendaftarkan diri di Adwords. Daftarkan diri Anda secara gratis di Google Adwords untuk mendapatkan maksimal 800 kata kunci. Jangan kuatir dengan angka-angka tersebut, sekarang fokus Anda adalah untuk memahami alat bantu ini. Tulis kata kunci yang menurut Anda sesuai dengan topik bisnis Anda dan tanyakan diri Anda apakah topik tersebut terlihat banyak dibutuhkan orang?

Adwords dan Adsense
Informasi yang disuguhkan Google diatas merupakan informasi Adwords, yang menunjukkan berapa banyak biaya yang dikeluarkan oleh pengiklan untuk memunculkan iklan mereka di website-website publisher Adwords, yaitu Adsense. Bila Anda membuat topik tersebut dan menjadi anggota Adsense, maka semakin tinggi biaya pengiklan di Adwords, semakin tinggi pula pendapatan yang bisa Anda terima. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa semakin tinggi biaya Adwords, maka semakin berpotensi menghasilkan pundi-pundi dollar ke kantong Anda. Sekarang Anda mengerti bagaimana menggunakan Google Keyword Tool untuk menggali lebih dalam mengenai topik yang dicari pengunjung melalui mesin pencari
Google.

Salam

No comments:

Post a Comment