Laman

Sunday, April 22, 2012

Langkah #4 Riset Kata Kunci

Analisa Kata Kunci

Ambil 3-5 Kata Kunci Utama
Sebelumnya Anda sudah mendapatkan ratusan kata kunci yang berhubungan dengan topik yang Anda pilih. Berikutnya Anda pun sudah melakukan filtering terhadap daftar kata kunci tersebut dan mendapatkan kata kunci spesial dengan jumlah pencari tinggi dan kompetisi yang rendah. Pada langkah ini Anda akan menyusutkan kata kunci yang telah didapatkan pada langkah sebelumnya menjadi hanya 3-5 kata kunci utama saja. Kata kunci utama inilah yang akan merepresentasikan topik yang ada dalam website Anda yang menjadi fokus dari optimasi SEO website Anda baik dari segi offpage maupun onpage. Kata kunci inilah yang harus Anda usahakan untuk menaiki tangga ranking top ten Google.

Kenapa hanya 3-5 kata kunci saja? Karena Anda akan membatasi diri untuk hanya melakukan optimasi pada kata kunci utama yang mendatangkan sebagian besar pengunjung dan penjualan, dan tidak melakukan optimasi terhadap seluruh kata kunci yang akan memakan seluruh waktu Anda. Tergantung pada topik yang Anda pilih, satu hal penting yang harus Anda cari adalah “buying keyword” atau kata kunci yang digunakan orang untuk mencari dan membeli produk atau jasa.

Buying Keyword

Buying keyword merupakan kata kunci yang berdasarkan pada psikologis seseorang untuk membeli sesuatu secara impulsif. Ini adalah kata kunci yang orang pakai untuk mencari barang dengan kartu kredit sudah ada di tangan mereka. Seringkali “buying keyword” ini merupakan kata kunci yang digunakan orang untuk mencari solusi terhadap masalah mereka.
Contohnya adalah sebagai berikut:

“facts on acne” dibandingkan dengan “buy acne cream”
“snoring causes” dibandingkan dengan “how to stop snoring”
“barking dog” dibandingkan dengan “how do I stop my dog barking”

Frase kata kunci di sebelah kiri adalah kata kunci yang mencerminkan informasi, dimana orang hanya mencari informasi tanpa ada tujuan untuk membeli sesuatu, sedangkan frase kata kunci di sebelah kanan adalah kata kunci yang dipergunakan orang untuk membeli sesuatu di internet.

Bila website Anda mendapatkan posisi yang bagus di Google untuk “buying keyword” maka besar kemungkinan orang yang mendarat di website Anda akan membeli sesuatu dari Anda. Setelah Anda mencari “buying keyword” yang sesuai dengan topik website Anda, saatnya untuk melihat lebih dekat dan menganalisa apakah Anda punya cukup waktu dan tenaga untuk melakukan optimasi website Anda dengan menganalisa calon competitor Anda.

Segera kumpulkan “buying keyword” ini dan sampai jumpa

1 comment:

  1. Hi there, just became alert to your blog through Google, and found that it is truly informative.
    I'm gonna watch out for brussels. I'll appreciate if you
    continue this in future. Numerous people will be benefited from your writing.
    Cheers!

    Stop by my blog post: Nolan

    ReplyDelete