Laman

Friday, April 20, 2012

Langkah #3 Riset Kata Kunci

Banner 468x60

Urutkan Kata Kunci
Pada tahap ini pastikan Anda sudah memiliki banyak kata kunci yang Anda simpan di hard disk, dari Mini Niche Scraper (dalam notepad) atau dari Google Keyword Tool. Sekaranglah waktunya untuk memilah-milah dan membuat kata kunci utama. Untuk melakukannya, kita akan membutuhkan software lain yang tidak kalah hebatnya: Market Samurai.

Bila Anda belum memilikinya, silakan mengunduhnya secara gratis disini. Saat ini Market Samurai menawarkan 12 hari free trial jadi Anda bisa memakai software ini dalam waktu 12 hari. Kabar baik untuk Anda. Walaupun setelah 12 hari Anda memutuskan untuk tidak membeli Market Samurai, modul Keyword Research masih dapat digunakan secara gratis. Modul inilah yang akan kita gunakan dalam tutorial kita kali ini.
Jalankan Market Samurai, click “Create a New Project”, dan masukkan kata kunci Anda di dalam kotak isian “Keyword”







Klik tombol Create untuk melanjutkan. Pada gambar berikutnya, pilih menu “Keyword Research”.






Sekarang masukkan semua kata kunci yang Anda dapatkan pada langkah sebelumnya ke dalam kota isian “Add Keywords” lalu klik tombol “Add Keywords”






Masukkan semua kata kunci yang Anda dapatkan di Google Keyword Tool dan Mini Niche Scraper.






Anda akan mendapati layar seperti dibawah ini:










Lakukan langkah ini pada setiap kata kunci yang Anda dapatkan di langkah sebelumnya, Anda akan menjumpai bahwa total kata kunci yang ada didalam Market Samurai akan semakin lama semakin besar.
Ini adalah daftar kata kunci utama yang segera akan Anda dapatkan. Selain cara kita diatas, Market Samurai pun dapat melakukan riset kata kunci dengan mengambilnya dari Google Keyword Tool, tapi karena terbatas dan lebih lambat dalam melakukannya maka kita hanya masukkan kata kuncinya secara manual. Pada saat ini, semua kata kunci Anda akan masuk ke dalam Market Samurai. Berikutnya tekan tombol “Analyze Keywords” di ujung bawah sebelah kanan layar.

Jumlah Pencari vs Kompetisi
Pada tampilan berikutnya Anda dapat melakukan filtering lebih lanjut. Ini adalah langkah yang sangat penting untuk mendapatkan kata kunci dengan jumlah pencarian yang banyak dan kompetisi yang rendah. Kenapa harus jumlah pencarian yang banyak? Karena tanpa traffic yang banyak yang masuk ke dalam website Anda, maka Anda tidak akan mendapatkan penjualan. Mungkin dapat, tapi jarang-jarang karena terlalu sedikit pengunjung yang masuk ke dalam website Anda.
Kenapa harus kompetisi yang rendah? Karena bila kompetisi tinggi, terlalu banyak effort dan biaya yang harus Anda keluarkan untuk optimasi SEO website Anda. Karenanya kita membutuhkan keseimbangan antara jumlah pencari dan kompetisi.









Pilih “Total Searches” ke 30, dan SEO Comp” ke 50000. Lalu ganti “Match Type” ke “Exact” Perhatikan kalau ini adalah setting standar yang bisa Anda ubah-ubah sendiri tergantung selera dan tujuan Anda.
Untuk memulai analisis kata kunci, klik tombol “Analyze Keywords”









Kurang lebih hasilnya seperti diatas. Apa yang Anda dapatkan sekarang adalah kata kunci yang mudah dan sangat menguntungkan. Klik “Refresh Filters” bila tampilan belum berubah di layar Anda. Apa yang membuat daftar kata kunci diatas special? Berkat Market Samurai, semua kata kunci tersebut memiliki paling tidak 30 jumlah pencari tiap hari di Google, tapi dengan kompetisi yang rendah, hanya 50 ribu halaman yang harus Anda saingi! Dengan kata lain, banyak orang yang mencari dengan kata kunci tersebut di Google, namun hanya sedikit pesaing yang memberikan informasi tersebut.

Apakah Anda dapat melakukannya tanpa Market Samurai? BISA, tapi menghabiskan waktu yang lama daripada satu tombol klik di Market Samurai.

See you

No comments:

Post a Comment