Laman

Tuesday, April 17, 2012

Langkah #2 Riset Kata Kunci

Banner 468x60

Tebar Jaring
Tebarkan jaring seluas dan sebanyak mungkin, Dalam tahap pertama ini, tugas Anda adalah mendapatkan kata kunci sebanyakbanyaknya. Semua topik memiliki kata kunci yang tidak terbatas kombinasinya, jadi jangan membatasi diri hanya pada satu keyword tool saja. Sebisa mungkin gunakan berbagai macam keyword tool yang berbeda fungsinya untuk mendapatkan kata kunci yang sesuai dan berhubungan dengan topik yang telah Anda pilih sebelumnya.

Google Keyword Tool

Ini merupakan tool favorit yang digunakan banyak orang, tapi walau demikian sangat terbatas dalam menampilkan kata kunci, karena ada banyak kata kunci yang tidak dibuka oleh Google, dan kita harus mencarinya sendiri. Anda pun harus memiliki akun Adwords (GRATIS) bila ingin mendapatkan maksimal 800 kata kunci, tanpa akun hanya 100 kata kunci saja yang bisa Anda dapatkan. Jadi pastikan untuk sign in terlebih dahulu untuk menggunakan tool gratis ini. Klik disini untuk menuju ke Google Keyword Tool dan memilih kata kunci yang Anda inginkan.
















Pada contoh kali ini saya memilih kata kunci “golf” Klik tombol Search untuk mendapatkan ide kata kunci yang berhubungan. Google akan menampilkan 800 kata kunci yang berhubungan di kolom sebelah kiri dengan berbagai informasi di kolom sebelah kanan. Informasi dalam kolom sebelah kanan inilah informasi yang penting, tapi kita tidak akan terlalu mempedulikannya saat ini. Dibawah kotak Search, Anda akan melihat beberapa pilihan. Cari “Download all” dan klik tombol tersebut.













Pilih format yang Anda inginkan. Secara default Google akan memberikan pilihan CSV (comma separated value). Download 800 kata kunci tersebut ke dalam hard disk Anda. Simpan saja di desktop dan hapus ketika Anda tidak memerlukannya lagi.












Sekarang kita akan kembali ke Google Keyword Tool dan mengulangi proses ini lagi. Tapi kali ini dengan kata kunci baru. Contohnya: “golf swing”















Pada saat ini Anda akan menemukan banyak golden keyword yang muncul, dan akan semakin sedikit kombinasi kata kunci yang keluar karena kata kunci yang kita masukkan lebih terfokus ke satu topik saja. Lakukan step diatas kembali dan simpan ke dalam hard disk. Lakukan terus menerus sampai Anda tidak menemukan lagi kata kunci yang relevan yang berhubungan dengan topik yang Anda pilih.
Bila metode Google Keyword Tool diatas menghasilkan banyak kata kunci yang tidak berhubungan, maka Anda bisa menggunakan satu keyword tool yang saya juga gunakan untuk mendapatkan kata kunci yang banyak disembunyikan Google Keyword Tool, yaitu Mini Niche Scraper. Ini adalah langkah opsional, Anda tidak harus menggunakannya. Mini Niche Scraper tidak gratis, tapi dengan harga yang relatif murah, saat tulisan ini dibuat, software tersebut hanya seharga $25 saja atau Rp. 225.000.
Salam

No comments:

Post a Comment